2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL
 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL 2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL
2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

PENGERTIAN NISN

NISN yaitu kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Dari kepanjangan tersebut kita sanggup pahami bahwa NISN merupakan sebuah nomor unik yang diberikan dan wajib dimiliki oleh setiap pelajar sekolah di seluruh Indonesia yang menjadi sebuah nomor identitas khusus bagi pelajar itu sendiri dalam database Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia.
NISN itu sendiri diterbitkan/dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui pengajuan yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten setempat. Jadi, nomor NISN ini cukup satu saja walaupun pelajarnya berpindah-pindah sekolah ke seluruh Indonesia. Karena nomor ini berlaku dalam skala nasional atau berlaku di seluruh Indonesia.

Untuk masa berlakunya, NISN akan tetap berlaku, tetap dipakai dan tetap sah dimata aturan ketika siswa tersebut masih menjadi seorang siswa/pelajar. Mulai dari tingkat sekolah dasar (SD/Sederajat), sekolah menengah pertama (SMP/Sederajat), hingga sekolah menengah atas (SMA/Sederajat), NISN yang dipakai tetaplah sama dan masih berlaku. Namun ketika siswa melanjutkan ke jenjang tingkatan selanjutnya menjadi mahasiswa di sekolah tinggi tinggi, nomor NISN ini tidak berlaku lagi. Biasanya hanya dipakai ketika registrasi awal ketika ingin melanjutkan studi ke sekolah tinggi tinggi/sedarajat saja. Dari namanya saja sudah berubah, dari siswa menjadi mahasiswa. Maka, nomor yang dipakai pun akan berbeda. Biasanya yang dipakai pada jenjang sekolah tinggi tinggi yaitu NIM/NPM yang akan kita bahas pada waktu selanjutnya kalau ada kesempatan.
Jadi, sudah terperinci ya wacana NISN. Intinya yaitu nomor identitas tingkat nasional khusus bagi setiap siswa di seluruh Indonesia yang diterbitkan dan diakui oleh Pemerintah.
NIS
NIS yaitu kependekan dari Nomor Induk Sekolah. Nomor ini diterbitkan atau dibentuk oleh setaip sekolah bagi siswa/i nya. Nomor ini biasanya merupakan kombinasi unik yang dibentuk sekolah untuk mengidentifikasi sekaligus mengklasifikasi (mengelompokkan) siswa/i nya.
Pada metode ini, kebanyakan sekolah melaksanakan kombinasi nomor unik menjadi NIS melalui penggabungan tahun pelajaran dan nomor urut ketika siswa tersebut diterima di sekolah. Misalnya: si “A” diterima disekolah ditahun pelajaran 2015/2016 dengan nomor urut ketika diterima yaitu 241, maka nomor NIS yang dihasilkan yaitu 1516241 (tahun pelajaran + nomor urut). Meski begitu, tidak semua sekolah memakai metode yang sama. Karena setiap sekolah ataupun kawasan diberikan kewengan untuk mengelola santunan nomor NIS bagi siswa/i nya masing-masing.
Jadi, pada dasarnya NIS itu yaitu sebuah nomor identitas khusus yang dibentuk oleh sekolah bagi setiap siswa/i untuk mempermudah dalam mengidentifikasi siswa/i nya pada masing-masing sekolahnya. Kaprikornus NIS ini hanya berlaku pada sekolah yang menerbitkan, dan tidak berlaku lagi ketika siswa pindah sekolah atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

PERBEDAAN ANTARA NISN DAN NIS

a. NISN dibentuk oleh kementerian, sementara NIS dibentuk oleh sekolah yang menerbitkannya
b. NISN berlaku di seluruh Indonesia, sementara NIS hanya berlaku di sekolah yang menerbitkannya
c. NISN berlaku hingga pelajar lulus sebagai siswa/melanjutkan sebagai mahasiswa, sementara NIS berlaku hingga pelajar meninggalkan sekolah yang menerbitkan NIS nya
d. NISN hanya dibentuk satu kali, sementara NIS sanggup dibentuk berkali-kali sebanyak jumlah berapa kali siswa berpindah sekolah ataupun jenjang pendidikannya.

MANFAAT DAN FUNGSI DARI NISN

Bagi pelajar NISN ini yaitu sebuah nomor yang fungsinya sama menyerupai nomor KTP milik orang dewasa.
Fungsi NISN yaitu nomor tetap yang sanggup dipakai seumur hidup. Dengan adanya NISN pelajar tak perlu mengganti nomor induk setiap kali ingin meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
NISN sanggup juga untuk melihat perkembangan siswa. Mulai dari mutasi, kelulusan, pelajar yang putus sekolah hingga mengetahui dari lulusan SD, Sekolah Menengah Pertama atau Sekolah Menengan Atas pelajar tersebut.
Dengan adanya NISN, Anak-anak yang menentukan berguru dengan sistem homeschooling atau pendidikan informal, kemudian ingin melanjutkan ke sekolah tinggi tinggi yang merupakan pendidikan formal prosesnya akan lebih mudah.

APAKAH ANDA SUDAH TERDAFTAR NISN

berapa nomor induk siswa nasional saya? Untuk mengetahui NISN, silakan cek di hidangan DATA SISWA atau klik pada link ini pada situs NISN, melalui tautan: http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data Pengecekan sanggup dilakukan dengan 2 metode:
a. Memasukan nomor NISN bila sudah mempunyai atau
b. Memasukan nama lengkap (sesuai sertifikat lahir), tempat lahir dan tanggal lahir bila belum mengetahui NISN.

BELUM MEMILIKI NISN, BAGAIMANA MENGURUSNYA?

a. Dianjurkan melaksanakan pengecekan lebih dahulu menyerupai langkah di atas.
b. Jika siswa tidak ditemukan, silakan download (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1
c. pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) gres pada situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id
d. melalui hidangan FORMULIR PENGAJUAN Mencetak formulir-formulir tersebut
e. Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual
f. Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN atau sekolah dimana siswa berasal
g. Bagi pihak sekolah sanggup mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

CARA MEMPERBAIKI BIODATA NISN BILA DATA TERTERA TIDAK SESUAI DENGAN AKTA KELAHIRAN

a. Silakan download (unduh) formulir A.3.
b. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa di situs NISN http://nisn.data.kemdiknas.go.id
c. pada hidangan FORMULIR PENGAJUAN Mencetak formulir tersebut
d. Mengisi formulir tersebut secara manual
e. Menyerahkan kepada operator tingkat sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan
f. Bagi sekolah, sanggup mengirimkan formulir yang sudah diperbaiki tersebut ke  PDSP melalui email : pdsp@kemdiknas.go.id.
 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL 2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

SOLUSI NISN GANDA

Namun sebab kurang rapihnya pendataan yang dilakukan mulai dari tingkat siswanya, sekolah, hingga sentra menciptakan ketika ini banyak siswa yang mempunyai lebih dari satu NISN atau NISN nya berubah-ubah. Oleh sebab itu, sekarang semua komponen pendidikan sedang berbenah diri untuk memperbaiki kualitas dan prosedur pendataannya semoga ada kesesuaian, keserasian antara data yang dimiliki siswa dengan sekolah maupun dengan pihak sentra (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia).

BAGAIMANA JIKA ADA 1 ORANG SISWA MEMILIKI 2 (DUA) NISN? NISN YANG MANA YANG DI DIGUNAKAN

NISN yang dipakai yaitu NISN yang sudah dipakai sebagai alat manajemen dan validasi oleh siswa di sekolahnya. Jika tidak, NISN yang dipakai yaitu NISN yang paling kecil kodenya. Untuk NISN yang tidak dipakai mohon segera melapor ke operator NISN/NPSN sekolah asal untuk segera dihapus.

Cara Cek NISN ganda Lewat Internet

Cara paling umum untuk mengecek NISN yaitu melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud). Caranya sangat mudah. Yang perlu kau lakukan yaitu tiga langkah sederhana berikut ini.
1. Buka alamat berikut nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.
2. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan Nama
 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL 2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

3. Masukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir sesuai dengan identitas kamu. Jangan lupa klik tombol Cari setelahnya.
Selesai! Kamu akan mendapat data NISN kamu. dan lihatlah apakah NISN ANDA GANDA ATAU TIDAK.
 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL 2 CARA MENGATASI DAN MEMPERBAIKI NISN GANDA YANG TIDAK SESUAI BERHASIL

Penjelasan :
Jika kita menginputkan nama secara lengkap, maka kemungkinannya yaitu :
a. Jika Data Benar dan terdaftar, maka data akan ditampilkan.
b. Jika Data Salah dan tidak terdaftar, maka data tidak ditemukan.
Namun kalau kita menginputkan nama dengan nama depan atau nama belakang, maka kemungkinannya yaitu :
a. Jika Data Benar dan terdaftar, maka data  ditampilkan dengan catatan kemungkinan besar banyak nama yang sama atau yang menyerupai beserta nomor NISNnya.
b. Jika Data salah dan terdaftar maupun tidak, maka data lain yang akan ditampilkan sesuai dengan inputan dalam arti kemungkinan ditampilkan dengan nama yang sama atau kemiripan akan tetapi dengan nomor NISN yang berbeda kalau data tersebut ada.
Lihat pada hasil pencarian data yang saya blok kuning yaitu target. Sedangkan blok yang berwarna merah yaitu data yang sama namun bukan sasaran atau data orang lain yang datanya ada kesamaan. Hal inilah yang sangat bermanfaat dan penting untuk kita ketahui sebagai pencari data NISN.
demikianlah cara mengatasi dan memperbaiki nisn ganda yang tidak sesuai dengan ijazah atau sekolah.

Comments/disqusion
No comments